Manfaat & Cara Pijat Pada Bayi yang Benar

Manfaat & Cara Pijat Pada Bayi yang benar bisa Anda temukan disini. Pijat bayi bagus dilakukan dan sebaiknya rutin karena memiliki manfaat yang baik. Bayi bisa menjadi lebih nyaman ketika dipijat dan bahkan memberikan kesehatan pada bayi jika dilakukan dengan benar.

Pijat memiliki manfaat untuk stimulasi pada bayi. Hal ini tengah dikembangkan Pediatri Sosial Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Stimulasi yang dimaksud yakni meraba (takti) dan gerak (kinestetik) yang bisa dilakukan orangtua, bidan atau tenaga medis/kesehatan yang ahli dibidangnya.

Manfaat & Cara Pijat Pada Bayi
Perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya pijat bayi memiliki tujuan yaitu mengoptimalkan pertumbuhan serta perkembangan bayi. Biasanya pijat bayi dilakukan sekitar 15 menit dan dilakukan secara rutin. Tetapi ada baiknya Anda sebagai orangtua menjadikan pijat sebagai sebuah rutinitas yang dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.

Jika sudah mengetahui tujuannya, apa manfaat pijat pada bayi? Dikutip dari meetdoctor, berikut penjelasannya :

1. Pijat dapat membantu bayi Anda menaikkan berat badan
2. Meningkatkan frekuensi menyusui pada bayi
3. Membantu bayi dalam relaksasi
4. Dapat membuatnya tidur lebih lelap dan lama
5. Frekuensi menangis dan rewel menjadi berkurang
6. Tidak mudah marah dan akan lebih santai
7. Mengembangkan mental, sosial dan fisik
8. Jika Anda yang melakukan, pijat dapat memberikan ikatan batin antara bayi dan Anda.

Fakta menarik yang jarang orang mengetahuinya ialah saat Anda menyentuh bayi, maka tubuh Anda akan mengeluarkan hormon oksitosin yang akan memberikan rasa hangat dan juga perasaan cinta. Nah, berikut ini cara-cara pijat bayi dengan benar.

1. Ruangan nyaman
Sebelum Anda mulai melakukan pijat, pastikan terlebih dahulu bahwa ruangannya hangat dan tenang. Lalu lepaskan semua perhiasaan Anda, seperti cincin dan gelang. Setelah itu mulailah menyiapkan baby oil.

2. Lepaskan semua pakaian bayi
Setelah persiapan sudah dilakukan, kemudian mulai lepaskan semua pakaian yang digunakan bayi. Telanjangi bayi beserta popoknya, kemudian baringkan bayi menghadap ke atas dengan menggunakan handuk lembut atau selimut dengan bantal berada di bawah kepalanya.

3. Mulai memijat
Setelah bayi sudah berada di posisi yang benar, mulailah dengan memegang tangan si bayi dan mulai menggosok lembut telapak tangan bayi Anda dengan jari jemari Anda dan menggunakan baby oil. Selanjutnya ke arah kaki bayi dan lakukan hal yang sama hingga ke sekujur tubuh.

Kapan waktu yang tepat untuk memijat bayi? Sebaiknya Anda memilih waktu yang tepat yaitu waktu dimana bayi tidak merasa kenyang maupun lapar. Selain itu perhatikan juga tubuh bayi, jika ia sudah menunjukkan enggan untuk dipijat sebaiknya tidak dilakukan.

Tak hanya itu, jangan membangunkan bayi dari tidur hanya untuk dipijat. Tunggulah si kecil hingga ia sudah terlihat siap untuk dipijat dengan cara mulai berinteraksi dengan Anda. Waktu yang tepat adalah saat si kecil setelah mandi dan juga sebelum ia tidur. Semoga bermanfaat!

Manfaat & Cara Pijat Pada Bayi yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Andi Setyoko