Soal Latihan UN SMP Bahasa Inggris + Kunci Jawaban. Bagi Anda pelajar maupun siswa dan siswi SMP/MTS ingin belajar soal Bahasa Inggris, kami selaku Admin blog fisip unsil telah berbagi sebuah Soal Latihan Bahasa Inggris untuk sekedar memperlancar Anda agar saat melakukan Ujina Nasional nanti tidaklah kaget, dikarenakan sudah terbiasa mengerjakan sebuah soal pelatihan terlebih dahulu sebelum UN dilaksanakan.
Baiklah para pelajar mungkin bisa langsung sima soal latihan UN dibawah ini.
CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN
BAHASA INGGRIS SMP/MTS
Read the text and answer question 1.
• Indikator : Menentukan makna caution.
• Indikator Soal : Disajikan sebuah teks notice , siswa dapat menentukan makna notice tersebut dengan tepat.
Soal:
1. What does the notice above mean?
A. People have to keep their properties.
B. People should stay away from the area.
C. Only certain people are allowed to enter the room.
D. Not all people have to keep out their private properties.
• Kunci jawaban : C
• Pembahasan : Jawaban yang tepat adalah D, karena dari kata ‘private property’ yang berarti hanya orang tertentu, selanjutnya frasa ‘keepout’ yang berarti menjauh, maka arti notice tersebut yang tepat adalah C.
Read the text to answer questions 2 and 3.
• Indikator : Menentukan rujukan kata.
• Indikator soal : Disajikan kutipan kalimat dari greeting card dengan salah satu kata ganti digaris bawahi, siswa dapat menentukan rujukan kata dari kata ganti tersebut dengan tepat.
Henry
ever since Mom and Dad heard about
your fantastic exam results
we can’t stop
• Soal :
2. “We can’t stop smiling”
The word ‘we’ refers to ….
A. Henry
B. Henry’s father
C. Henry’s mother
D. Henry’s parents
• Kunci jawaban : D
• Pembahasan : Kata ‘we’ dalam kalimat merujuk pada kata Henry’s parents.
• Indikator : Menentukan informasi rinci tersurat
• Indikator soal: Disajikan greeting card yang sama, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
• Soal :
3. Henry’s parents smile because of his ….
A. success
B. high grade
C. achievement
D. exam results
• Kunci Jawaban : D
• Pembahasan : Dari kata ‘congratulation about your fantastic exam result’ maka ucapan itu ditujukan kepada Henry’s exam result.
Read the text to answer questions 4 and 5.
• Indikator : Menentukan informasi tersirat
• Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tersirat dengan tepat.
Santi, our plan to visit our friends who suffer from Merapi erruption is cancelled. The weather is not good to fly. I will let you know later.(Sari)
• Soal :
4. How do Santi and Sari plan to visit their friends?
A. By bus
B. By ship
C. By train
D. By plane
• Kunci jawaban: D
• Pembahasan : Dari kalimat ‘the weather is not good to fly’, maka dapat disimpulkan mereka akan pergi dengan naik pesawat.
• Indikator : Menentukan gambaran umum
• Indikator soal : Diberikan teks pesan singkat yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang gambaran umum dengan tepat.
• Soal :
5. The short message is written to inform about ....
A. when to go to Merapi
B. the weather in Merapi
C. Santi condition in Merapi
D. the cancellation of the plan
• Kunci jawaban: D
• Pembahasan :Teks pesan singkat tersebut menginformasikan penundaan kepergian ke temannya, hal ini dapat dilihat pada kalimat ‘our plan to visit our friends who suffer from Merapi erruption is cancelled’.
Read the text to answer questions 6 and 7.
• Indikator : Menentukan informasi tertentu
• Indikator soal : Disajikan teks undangan, siswa depat menentukan jawaban informasi tertentut dengan tepat.
Mr. and Mrs. Samuel Hansen
Request the company of
Mr. and Mrs. Ben Johnson Brown
On the occasion of their
25th Wedding Anniversary
On Saturday 28 May at 8. p.m.
Taman Orchid Indah Block 2 D No. 4
Cengkareng Jakarta Barat
R.S.V.P: Windy (02154390231)
• Soal :
6. Who will celebrate the weeding anniversary?
A. Windy.
B. Mr. and Mrs. Brown.
C. Mr. and Mrs. Hansen
D. The company of Mr. and Mrs. Brown.
• Kunci jawaban : C
• Pembahasan : Dari undangan tersebut jelas yang merayakan ulang tahun pernikahan adalah Mr. and Mrs. Gansen.
• Indikator : Menentukan tujuan komunikasi.
• Indikator soal : Disajikan teks undangan yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan tentang tujuan komunikasi dengan tepat.
• Soal :
7. The text is written in order to … .
A. To announce the weeding anniversary party
B. To inform the marriage of Mr. and Mrs. Hansen
C. To invite someone to the weeding anniversary party
D. To congratulate the marriage of Mr. and Mrs. Brown
• Kunci jawaban : C
• Pembahasan : Teks tersebut adalah teks undangan, maka tujuan komunikatif dari teks tersebut adalah C.
Read the text to answer questions 8 to 10.
• Indikator : Menentukan gambaran umum
• Indikator soal : Diberikan sebuah teks pengumuman, siswa dapat menentukan jawaban menentukan gambaran umum teks tersebut.
ANNOUNCEMENT
To : All students of SMP Gemilang Biak.
In the framework of National Education Day the student Organization will hold some interesting programs. They are English Speech Contest, Debate, and Class Wall Magazine Competition.
The program will be held on May 2nd 2011, started from 8 am until 1 p.m.
All classes must take part in the programs.
For detailed information, please contact Mr.Andi , the coordinator of this program.
• Soal :
8. What is the announcement about?
A. A Student Organization.
B. An English Speech Contest.
C. A National Day Celebration.
D. A National Education Day Ceremony.
• Kunci jawaban : D
• Pembahasan : Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat dilihat pada kalimat pertama, jadi topic dari penguman tersebut tentang National Education Day Ceremony
• Indikator : Menentukan informasi tersirat
• Indicator soal : Diberikan teks announcement yang sama, siswa dapat menentukan informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
• Soal :
9. Based on the announcement above, we know that …
A. the programs will last for 4 hours.
B. the program will be held in the morning.
C. there are two competitions will be held.
D. Mr.Andi is in charge to organize the programs.
• Kunci jawaan : D
• Pembahasan : Pada kalimat terakhir jelas bahwa coordinator program adalah Mr. Andi.
• Indikator : Menentukan informasi rinci tertentu.
• Indicator soal : Disajikan teks announcement yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan menentukan informasi tersirat.
• Soal :
10. What programs that students can do individually?
A. Debate.
B. Interesting program.
C. English speech contest.
D. Wall magazine competition.
• Kunci jawaban : C
• Pembahasan : Program yang dapat dilakukan secara perorangan adalah C, yang lainnya secara berkelompok.
Read the text to answer questions 11 to 13.
• Indikator : Menentukan informasi tertentu
• Indicator soal : Disajikan sebuah surat, siswa dapat menentukan jawaban pertanyaan informasi tertentu dari teks dengan tepat.
• Soal :
Edinburgh
19 Oct. 2014
Dear Johan,
I told you that I was going to England, but actually I was heading for Scotland. I applied for a job and I went for an interview yesterday. The manager and the factory supervisor interviewed me. At first I found it difficult to understand them but I managed to answer all their questions. I’ll know on Friday before I return whether I got a job or not.
Tomorrow I plan to go to the National Museum of Scotland, the Palace of Holy Roodhouse that’s the Queen’s residence when she’s in Scotland.
I’m going to spent a few more days here enjoying the city which I hope will become my home for the next few years.
I’ll ring you when I hear something about my job on Friday.
Bye
Pieter
11. Where is Pieter writing the letter from?
A. Edinburgh.
B. Scotland.
C. England.
D. His home.
• Kunci jawaban: A
• Pembahasan : Jawaban pertanyaan tersebut dapat diketahui dari penulisan tanggal dan tempat, menunjukkan kapan dan dimana ia menulis surat.
• Indikator : Menentukan informasi tersirat
• Indicator soal : Disajikan sebuah surat yang sama, siswa dapat menentukan jawaban informasi tersirat dari teks tersebut dengan tepat.
• Soal :
12. From the text we can conclude that … .
A. Peter will call his friend after getting a job
B. Peter hopes to stay in Edinburgh for a few days
C. the result of interview will be known on Friday
D. Peter’s purpose to Edinburgh to see National Museum
• Kunci jawaban: C
• Pembahasan : Jawaban pertanyaan tersebut merupakan kesimpulan dari kalimat terakhir pada paragrf pertama.
• Indicator : Menentukan makna kata
• Indicator soal : Disajikan kutipan kalimat dari teks dengan salah satu kata/frasa digaris bawahi, siswa dapat menentukan makna kata tersebut dengan tepat.
• Soal :
13. “… I was heading for Scotland.” The underlined phrase has same meaning as … .
A. living in
B. going to
C. staying in
D. moving to
• Kunci jawaban: C
• Pembahasan : Secara kontekstual makna yang tepat kata tersebut adalah stayinh in.
Read the text to answer questions 14 and 15.
• Indikator : Menentukan informasi rinci tersurat
• Indicator soal : Diberikan sebuah teks label, siswa dapat menentukan informasi rinci tersurat dari teks tersebut dengan tepat.
CLEAN UP
Antiseptic Soap
Shake well before use
10 ml of soap for every 3 liters of water.
Take a bath with the mixed water.
Rinse afterwards.
Caution : For external use only
If swallowed call a doctor.
• Soal :
14. What is the suitable suggestion before using it ?
A. Clean up.
B. Swallow it.
C. Shake well.
D. Take a bath.
• Kunci jawaban: C
• Pembahasan : Instruksi pertama sebelum menggunakan produk dapat dilihat pada kalimat pertama.
• Indikator : Menentukan tujuan komunikatif
• Indicator soal : Disajikan teks label yang sama, siswa dapat menentukan jawaban pertanyann tujuan komunikasi teks dengan tepat.
• Soal :
15. The text above is written in order to …
A. persuade people to buy the product.
B. give detailed information of the product.
C. explain how to use the product.
D. give warming of the product.
• Kunci jawaban : B
• Pembahasan : Tujuan komunikatif dari teks tersebut memberi informasi secara detail, maka jawaban yang tepat adalah B.
Demikian Soal Latihan UN SMP Bahasa Inggris kali ini yang telah kami update beserta kunci jawabannya, semoga bermanfaat bagi Anda, sekian dan terima kasih banyak atas kunjungan Anda. Good Luck